Senin, 04 Juni 2012

Bahagia itu Gampang

Bahagia itu gampang, sederhana dan tak muluk-muluk. Untuk bahagia, cukup dengan melakukan hal-hal yang tak kita senangi untuk beberapa lama. Lalu kembalilah pada kehidupan normal kita yang biasa. Itulah saat yang disebut bahagia.
Tak cukup meyakinkan?

Pertama mari kita definisikan bahagia itu apa. Bahagia adalah perasaan senang yang bisa dikenang. Sesederhana itu? Iya! Lalu bagaimana dengan berkumpul bersama teman-teman, kita tertawa waktu itu. Bagaimana juga dengan bermain basket dan sepakbola, kita lupa permasalahan kita masa itu. Semua itu terasa menyenangkan.


Ya, itu dia. Semua itu hanyalah rasa senang dan bukan perasaan bahagia. Karna bedanya adalah kenangan, kenangan hanya ada pada perasaan bahagia. Saat berkumpul dengan teman-teman kita tertawa, merasa senang. Tapi apa sebab kita tertawa? Ketika kita bermain basket dan menggiring bola kita lupa dengan permasalahan, berapa menit setelah wasit meniup peluit tanda permainan berakhir kita mengingatnya lagi?

Sekarang mari kita menuju perasaan bahagia yang dimaksud:
Untuk bahagia, kita cukup dengan melakukan hal-hal yang tak kita senangi untuk beberapa lama. Lalu kembalilah pada kehidupan normal kita yang biasa. Misal, jika menulis skripsi ataupun menyelesaikan tugas rumah yang tak kita senangi kita cenderung menunda. Karna tak menyenangkan. Lalu alihkan perhatian pada permainan, film dan hal-hal lain yang tak membuat hal-hal tak menyenangkan itu selesai. Tapi setiap kali pengalih perhatian itu selesai, kita tetap merasa memiliki beban. Tapi coba hal yang tak menyenangkan itu kita lakukan untuk beberapa lama. Jalani ketidaknyamanan itu sampai selesai. Setelah selesai nikmati sensasinya. Jika ada yang hendak diceritakan, cerita itu tentu berisi kenangan dari usaha kita melakukan sesuatu itu. Dan kenangan itu bukan masalah ataupun beban.

Setelah itu baru kita menyadari bahwa hidup kita selama ini sebenarnya sangat menyenangkan, kita baru tau karna selama ini tidak meninggalkan kemonotonannya, lupa mensyukuri kemampuan dengan tak menggunakannya.

Bahagia itu gampang !

* hikmah skripsi

04/06/2012


0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda sangat diharapkan.
Atas komentar yang Anda berikan, Kami ucapkan Terimakasih.
Bersama Kita berpikir untuk INDONESIA dan DUNIA.