Senin, 15 Februari 2010

Membalikkan Sikap Negatif


Orang-orang yang paling positif pun kadang-kadang dapat mengembangkan sikap yang negatif. Bahkan di saat-saat tertentu, mereka yang kita anggap tegar dan teladan dalam mengarungi kehidupan ternyata bisa terjeremus ke dalam sikap yang negatif. Namanya juga manusia, mereka pun takkan mampu bertahan apabila tidak menyadari kekeliruannya dan segera membalikkan sikap negatifnya menjadi positif. Kematian orang yang dikasihi, kemunduran finansial, atau problem kesehatan dapat menjadi pemicu tumbuhnya sikap negatif . Berikut ini terdapat beberapa tips untuk membalikan sikap negatif menjadi positif.

Luangkan waktu untuk istirahat
Bilamana sikap Anda mulai merosot, gunakan beberapa menit untuk menyendiri, berbicara kepada seorang teman, atau istirahat sebentar – apapun yang memberikan perubahan suasana.

Periksalah apa yang membuat Anda merasa tidak enak
Anda mungkin merasa bahwa alasan dari mengapa Anda bersikap negatif adalah karena Anda kehilangan pekerjaan. Akan tetapi, jika diteliti lebih lanjut, alasan sesusungguhnya adalah karena Anda merasa tidak kompeten sehingga dipecat. Dalam situasi ini, mendapatkan pekerjaan baru tidak selalu membantu dalam mengatasi sikap negatif Anda.

Kembangkan suatu rencana
Ambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengubah beberapa hal. Ketika Anda kehilangan kepercayaan diri karena kehilangan pekerjaan, pilihlah kelas (pelajaran) yang dapat membantu Anda dalam menyakinkan atau membangkitkan kembali kemampuan diri.

Berfokus pada hal-hal positif yang ada
Jika Anda kehilangan pekerjaan, perhatikan hal-hal lain yang menyenangkan, seperti perkawinan yang bahagia, keluarga yang mendukung, teman-teman yang pengertian, dan sebagainya.

Lihatlah ke masa depan
Berkonsentrasilah pada seberapa baik perasaan Anda nantinya setelah membuat perubahan. Dengan berfokus pada peristiwa positif di masa depan, Anda kemungkinan besar dapat melewati masa-masa sulit.

Lets try.

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda sangat diharapkan.
Atas komentar yang Anda berikan, Kami ucapkan Terimakasih.
Bersama Kita berpikir untuk INDONESIA dan DUNIA.